Penelitian dan Pengabdian

Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Penelitian

Penelitian Dosen

Penelitian yang dilakukan dosen tetap Prodi Hukum sesuai dengan bidang program studi, dilihat dari kualitas dan produktifitasnya dalam tiga tahun terakhir sebanyak 78. penelitian, rata-rata setiap tahun sebanyak 26. penelitian, bantuan dana dari BPPM-Uniyos sebanyak 26. penelitian, hal ini menunjukkan bahwa perolehan penelitian dosen tetap sesuai bidang studi sudah baik.

Kegiatan penelitian yang dilakukan dosen Prodi Hukum melibatkan mahasiswa terkait dengan pengumpulan data yang diperlukan dalam penelitian dosen.

Jumlah publikasi ilmiah dosen tetap sesuai bidang studi Prodi Hukum pada 3 (tiga) tahun terakhir ke berbagai media ilmiah dalam negeri sebanyak 45 kali. Hal ini menunjukan produktifitas yang sangat tinggi. Publikasi ilmiah dosen tetap Prodi Hukum ke luar negeri belum ada Prodi Hukum berupaya untuk mendorong para dosen tetap untuk melakukan publikasi di jurnal ilmiah atau proseding berskala internasional.

Penelitian Mahasiswa

Pelaksanaan penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa rata-rata setiap tahun pada 3 tahun terakir sebanyak …… penelitian. Penelitian yang dilakukan mahasiswa memiliki kualitas yang baik. Pelaksanaan penelitian diawali dengan proses penulisan dan pembimbingan proposal setelah mendapatkan persetujuan dari dosen pembimbing. Berdasarkan hasil pembimbingan proposal yang telah diperbaiki atas koreksi dan masukan dari pembimbing penelitian, maka dilanjutkan dengan pengumpulan dan pengolahan/analisis data sehingga diperoleh hasil penelitian yang dilanjutkan dengan pembahasan diakhiri dengan kesimpulan dan saran dari hasil penelitian. Setelah hasil penelitian mendapatkan koreksi dan masukan dari dosen pembimbing skripsi, selanjutnya mendapatkan persetujuan dari dosen pembimbing untuk maju ujian skripsi. Ujian skripsi di uji oleh 3 (tiga) dosen penguji, apabila pada waktu ujian dapat mempertahankan, menjawab dengan jelas dan baik, maka dinyatakan lulus oleh dosen penguji. Dalam pelaksanaan penelitian mahasiswa melalui proses seperti tersebut diatas, hal ini menunjukan bahwa penelitian yang dihasilkan sudah baik.

Prodi Hukum telah menunjuk salah satu dosen untuk membantu program studi yang bertugas untuk pengendalian kualitas penelitian mahasiswa, tugas tersebut antara lain menyeleksi judul proposal skripsi, dengan syarat, sbb:

      1. Telah menyelesaikan min 120 SKS
      2. Telah lulus Metodologi Penelitian
      3. Menyerahkan 1 eks Praproposal dan Jurnal Penelitian
      4. IPK ≥ 2,00, semua mata kuliah sudah lulus, nilai D <20 %, tidak pada mata kuliah keahlian
      5. Lembar persetujuan oleh dosen pembimbing
      6. Menunjukan sertifikat keikut sertaan dalam seminar nasional minimal 2 kali seminar nasional

Proses penulisan skripsi/penelitian dilaksanakan buku pedoman penulisan skripsi yang telah diterbitkan, hal ini untuk menjaga kualitas penelitian yang dihasilkan oleh mahasiswa.

Bimbingan skripsi membantu, mengarahkan proses pelaksanaan penelitian, penulisan, penyusunan laporan penelitian, sesuai dengan materi penelitian mahasiwa. Untuk mengetahui kualitas bimbingan penelitian mahasiswa salah satu yang dapat dilihat adalah pada materi bimbingan yang ditulis di kartu/lembar konsultansi, untuk hal ini setiap mahasiswa yang akan mengikuti ujian skripsi menyerahkan kartu/lembar konsultasi, sehingga dari kartu/lembar konsultasi dapat dievaluasi kualitasnya oleh tim penjaminan mutu program Studi.

Kurun waktu penyelesaian penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa maksimal 6 bulan, pada tahun akademik 2017/2018 rata-rata waktu penyelesaian penelitian adalah 6 bulan. Hal ini menunjukan bahwa waktu penyelesaian penelitian mahasiswa sangat baik.

Pengabdian Kepada Masyarakat

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan dosen tetap Prodi Hukum dalam tiga tahun terakhir sebanyak 26 kali, rata- rata setiap tahun sebanyak 26. kali (bantuan dana untuk pengabdian pada masyarakat dari BPPM-Uniyos sebanyak 26 kali), hal ini menunjukan bahwa pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat dosen tetap sesuai bidang studi sudah baik.

Untuk menjaga keberlanjutan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, Prodi Hukum telah menyelenggarakan pelatihan penulisan proposal penelitian dan pengabdian kepada masyarakat untuk mendapatkan bantuan biaya penelitian dari Kemenristek dikti dan juga pemberian insentif bagi dosen yang mengusulkan proposal penelitian dan pengabdian kepada masyarakat untuk memperoleh hibah dari Kemenristekdikti dan instansi Pemda maupun swasta.

Setiap tahun Uniyos Surabaya menyelenggarakan seminar nasional sebagai salah satu wadah untuk diseminasi karya ilmiah dan hasil- hasil penelitian dosen dan mahasiswa Uniyos Surabaya menyediakan wadah untuk mendiseminasi hasil penelitian ke dalam jurnal nasional “ Jurnal Ilmu Hukum Justice Pro” dengan ISSN. 2338-9516 yang terbit setiap tahun 2 (dua) kali.

Penyelenggaraan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan dosen tetap Prodi Hukum, antara lain kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang dibiayai bantuan dana dari Kemenristek dikti, Pelaksanaan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang dibiayai dari bantuan dana BPPM-Uniyos Surabaya, pelaksanaan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang dibiayai dari instansi pemerintah daerah dan swasta/industri.

Hubungan antara pengajaran, hasil penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat memiliki hubungan yang sangat erat. Karena hasil penelitian yang releven dengan bidang studi dan suatu matakuliah dapat dipakai untuk mengembangkan danmemperdalammateri pembelajaran yang sesuai dengan tujuan matakuliah. Hasil penelitian yang diperoleh dosen dapat diimplementasikan untuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat, demikian juga sebaliknya dari kenyataan yang diperoleh dalam pengabdian kepada masyarakat dapat dikembangkan melalui kegiatan penelitian. Pengembangan materi pembelajaran, hasil temuan dari penelitian dan pembuktiaannya melalui pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat merupakan kegiatan ilmiah untuk mengembangkan ilmu pengetahun dan teknologi .

Hasil penelitian yang diperoleh dosen pada 3 tahun terakhir sebanyak 78. penelitian, rata-rata tiap tahun sebanyak 26 penelitian, di bidang pengabdian pada masyarakat sebanyak 26 kali, rata-rata tiap tahun sebanyak 26 kali, buku ajar sebanyak 4 judul buku ajar. publikasi dalam jurnal nasional tidak terakreditasi sebanyak 45 judul, rata-rata tiap tahun sebanyak 15 judul dan karya ilmiah yang dipublikasikan di seminar Nasional sebanyak 0 judul, rata-rata tiap tahun sebanyak 0 judul.

Hasil penelitian dan publikasi buku ajar, jurnal nasional tidak terakreditasi dan publikasi pada seminar nasional pada tiga tahun terakhir sudah baik. Sedang publikasi di jurnal nasional terakreditasi dan jurnal ilmiah terakreditasi internasional masih terbatas.

.