Kerjasama

Kerjasama

Azas Kerjasama

Berbagai kerjasama telah dilakukan oleh Fakultas Hukum dan Prodi Hukum dengan Instansi Pemerintah, maupun swasta, dengan perguruan tinggi negeri maupun swasta. Kerjasama ini dilaksanakan atas dasar saling menguntungkan dan kerjasama ini dimaksudkan untuk menambah wawasan, pengetahuan mahasiswa, dosen dan pimpinan prodi serta untuk memajukan Program studi Hukum maupun untuk meningkatkan peran serta Prodi Hukum dalam pembangunan regional dan Nasional.

Bentuk Kerjasama

Kerjasama yang dilakukan diarahkan pada kerjasama yang saling menguntungkan. Kerjasama yang dilakukan oleh Prodi Hukum dengan mitra kerjasama didasarkan pada kegiatan nyata dalam ruang lingkup Tridharma Perguruan Tinggi dan pengembangannya.

Di bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat meliputi teknologi siap transfer dan teknologi tepat guna, dan publikasi hasil penelitian dan kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Di bidang pendidikan berupa beasiswa, peningkatan wawasan dan kualitas dosen dan mahasiswa, peningkatan kualitas lulusan.

Kerjasama dan kemitraan yang dilakukan dengan intansi dalam negeri dan luar negeri dalam rangka untuk mendukung kelancaran dan keberhasilan penyelenggaraan Tridharma di Program Studi Hukum, hal ini sangat relevan dengan kebutuhan/kepentingan instansi yang bersangkutan. Misalnya; kerjasama dengan Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia. Kerjasama tersebut untuk mengimplentasikan ilmu pengetahuan, ketrampilan dosen dan mahasiswa dilakukan melalui penelitian, penyuluhan dan bakti social sehingga dapat meningkatan kualitas dosen dan mahasiswa Prodi Hukum.

Kegiatan kerja sama yang dilakukan Prodi Hukum dengan instansi dalam negeri pada 3 (tiga) tahun terakhir sebanyak 20 kerjasama rata-rata tiap tahun sebanyak 6,6 kerjasama. Kerja sama dengan instansi luar negeri pada tiga tahun terakhir sebanyak 5 kerjasama.

Informasi kerja sama di atas adalah kerja sama yang langsung dilakukan oleh Prodi Hukum dengan Instansi lain. Hasil kerjasama ini menunjukan bahwa Prodi Hukum masih terbatas.